Antisipasi Persoalan Hukum, APDESI Paser Ajak 139 Perangkat Desa Ikuti Rakor Demi Tingkatkan Kualis

Antisipasi Persoalan Hukum, APDESI Paser Ajak 139 Perangkat Desa Ikuti Rakor Demi Tingkatkan Kualis
Caption : Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Paser laksanakan kegiatan rakor tahunan di Hotel Kriyad Sadurengas Kabupaten Paser pada Senin (20/12/2021).

PASER - Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Paser, laksanakan  kegiatan rakor tahunan di Hotel Kriyad Sadurengas, Km 5 Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur pada Senin (20/12/2021).

Pada kegiatan yang dibuka Sekda Kabupaten Paser Katsul Wijaya, tampak hadir unsur Forkopimda dan Undangan dari Unsur Pengadilan, Kepolisian, TNI  dan Kejaksaan, disamping hadir juga Kepala PMD,   Kadis Kominfo dan beberapa Camat  yang ada di Kabupaten Paser.

Nasri Ketua APDESI Kabupaten Paser saat diwawancarai awak media Indonesia satu menyampaikan, pada kegiatan rakor tahunan yang diikuti 139 Kepala Desa serta beberapa sekertaris dan perangkat Desa, juga hadir Ketua APDESi Kaltim Muhammad Subhan selaku Kepala Desa Paser Belengkong.

"Jadi Pada kegiatan rakor yang mengusung tema, pendampingan keperdataan dalam penyaluran pengelolaan dana desa serta program jaga desa demi terwujudnya Paser MAS. hadir satu Peserta yang merupakan Kepala Desa sekaligus merupakan salah satu pengurus inti di APDESI Pusat". Tuturnya.

Lebih lanjut Nasri menerangkan, pada kegiatan rakor yang menghadirkan narasumber dari pihak Kejaksaan dan Kepolisian yang berhubungan bidang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), serta Inspektorat, tujuannya adalah agar kedepannya di desa tidak ada Aparat Desa yang tersangkut hukum karna keawamannya dalam memahami administrasi yang berkaitan hukum.

"karena secara geografis dan kontur, Kabupaten Paser itu agak beda dengan Aparatur di Desa-desa yang ada di Sumatra dan Jawa. Karna disana harus diakui SDM-nya secara akademik sudah siap, rata-rata setandar SMA, SI dan S2. Sedangkan Di Paser kepala bayak yang diambil karna faktor ketokohannya  namun masih terbatas secara akademiknya". Tutur Nasri.

Dengan dasar semangat membangun dan mau belajar dan meningkatkan pelayanan, maka melalui rakor inilah Kami selaku pengurus APDESi,   tiap tahun berusaha bersama-sama saling berbagi pengalaman dan berkordinasi bagaimana cara terbaik mengatasi persoalan-persoaln di wilayah kerja desa tanpa meninggalkan persoalan hukum dibelakang hari.

"Rakor ini seyogyanya dilaksanakan tiap tahun, karena aturan yang diterapkan bagi desa, baik Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD ll, dan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN itu juga bisa berubah-ubah sesuai perkembangan hingga Kepala Desa butuh bimbingan dan tidak bisa berpatok pada aturan lama yang mungkin sudah diganti". Tutur Nasri mengahiri. (hen*)

Muhamad Ali

Muhamad Ali

Previous Article

Niat Supir Menghindari Lubang-lubang, Yang...

Next Article

Sambut Ulang Tahun Kabupaten, Ketua MUI...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 203

Postingan Tahun ini: 203

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 179

Postingan Tahun ini: 179

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 134

Postingan Tahun ini: 134

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 118

Postingan Tahun ini: 118

Registered: Jul 10, 2020

Profle

soniyoner

Empat Rumah Warga Kampung Lubuk Begalung kecamatan Lengayang Dipagar Kawat Berduri Oleh warganya sendiri.
Lempar Petugas Patroli Saat Malam Pergantian Tahun, Dua Pemuda di Nagekeo Diamankan
Baru Seminggu Menjabat, Kapolres Tanah Datar Ringkus 6 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba
Sehari Usai Dilantik, Kades Pappalluang Ditahan di Polres Jeneponto, Begini Kasusnya

Follow Us

Recommended Posts

Mendes PDTT: Kestabilan Harga Pangan Percepat Pencapaian Tujuan Pembangunan Sustainable Development Goals (SDGs)
4 Keuntungan Menggunakan Sistem dan Aplikasi ERP untuk Perusahaan
Menkominfo Adopsi Teknologi Dorong Tingkatkan Keterampilan Digital
Ditjen IKP dan Biro Humas Kementerian Kominfo Gelar Bimtek Penulisan Siaran Pers
Ombudsman Kaltim Ikut Berduka Atas Tragedi Maut Di Perempatan Muara Rapak