Azhar Baharuddin : Kritik Dalam Pergerakan Hal Yang Lumrah

Azhar Baharuddin : Kritik Dalam Pergerakan Hal Yang Lumrah
Caption : H. Azhar Baharuddin saat memberikan menghadiri kegiatan Musyawarah Korps HMI Wati (KOHATI) ke VI Kab. Paser

PASER - Menjelang pembukaan acara konferensi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Paser dan Musyawarah Korps HMI Wati (KOHATI) ke VI pada Minggu (29/8/2021) pukul 10.00 WITA, di Gedung Aula Bina Islam di Jalan Notosunardi, Kelurahan Tanah Grogot, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser Kalimantan Timur. 

Ketua Pimpinan Majelis Daerah Korps Alumni HMI atau biasa disebut PMD KAHMI Paser, yakni H.Azhar Bahruddin,  menyanpaikan. Kritik mengkritik dalam  warna pergerakan adalah hal lumrah dan bahkan hal yang wajib bagi sebagian kalangan mahasiswa, khusunya dikalangan kader HMI. Kata Azhar mengawali penyataanya.

Sebagaimana tema konfersi yang ada "HMI berbenah, lakukan penguatan organisasi untuk pembangunan Daerah dan Bangsa". Menurut Azhar hal ini tidak bisa dilakukan jika kader HMI hanya berpangku tangan tanpa melakukan peran sebagai organisasi kemahasiswaan yang sekaligus organisasi keislaman dalam mewujudkan visinya, menciptakan masyarakat adil dan makmur yang bernapaskan Islam dan diridhai Allah SWT di negeri ini". Pungkas Ashar.

Menurut ashar. Pada beberapa kader HMI dan beberapa undangan awak media yang hadir  dalam acara konferensi HMI cabang Paser dan perwakilan KOHTI Cabang Paser. Kritik yang diharapkan bangsa ini tentu adalah kritik yang bersipat konstruktif, dinamis, mengedepankan kondusifitas serta memiliki sifat militansi dan pola inopatif.

"Bagi kader HMI, organisasi kemahasiswaan dan religi bukanlah bagian sikap pragmatis  dari pola organisasi koalisi maupun oposisi. Tapi lebih pada suatu sikap yang independen dan mampu meletakkan peran pembaharu  atas stok kekuatan moral dan intelektual  dari penyedia sumberdaya manusia dari anak Bangsa". Paparnya.

Karnanya HMI sebagai organisasi Kader kemahasiswaan sekaligus kader organisasi religi,  perlu kembali melakukan penguatan kaderisasi agar regulasi pengkaderan dapat terus tumbuh dan berkembang,  baik secara kuantitas maupun kualitas. Kata Azhar.

Sebab sebagai kader HMI yang merupakan kalangan generasi muda. HMI  dituntut bisa memberii masukan dan melakukan kontrol sosial  dibalik sela-sela aktifitas kuliah dan pengkaderannya, sebagai bentuk proses pembelajaran dalam menghadapi persoalan dan tantangan kedepan. 

"Hal ini selaras dengan prinsif  tridarma perguruan tinggi. Terkait pendidikan/pengajaran. Penelitian dan pengembangan, seta pengabdian kepada masyarakat". Papar Azhar

Lebih lanjut Azhar juga menyampaikan, mengapa mahasiswa itu perlu memiliki sikap responsif dan kritis. Karna pada diri  kader HMI selaku Mahasiswa melekat  identitas agent of intelektual. Atau istilah lainnya, mahasiswa dainggap merupakan basis-basis kader intelektual yang memiliki iron stock atau memiliki kepribadian yang baik dan guardian of value atau bisa menjaga nilai-nilai kebaikan yang ada di masyarakat. 

Sebab itu. Mahasiswa juga dikenal  sebagai agent of change  atau agen untuk perubahan, karna mahasiswa harus berdiri dibarisan depan dalam menyuarakan aspirasi rakyat. Disamping yang terakhir. Mahasiswa dikenal sebagai Social Control atau kontrol sosial". Beber Azhar.

Makanya dalam pengkaderan HMI,  mahasiswa juga  dituntut untuk perlu sadar politik dan kondisi kehidupan bernegara. 

"Mendapatkan IPK tinggi itu penting, tetapi sebagai kader HMI, bagaimana tetap membela kepentingan masyarakat melalui gerakan mahasiswa juga tak boleh diabaikan". Imbuh Azhar menegaskan pesan-pesannya dalam diskusi pengkaderan tersebut. (*bp)

F.M. Ali Paser

F.M. Ali Paser

Previous Article

Di Kab. Paser, Buku Nikah Yang Baru Juga...

Next Article

Janda Empat Anak Rela Jadi Badut, Demi Cukupi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 203

Postingan Tahun ini: 203

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 179

Postingan Tahun ini: 179

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 134

Postingan Tahun ini: 134

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 118

Postingan Tahun ini: 118

Registered: Jul 10, 2020

Profle

soniyoner

Empat Rumah Warga Kampung Lubuk Begalung kecamatan Lengayang Dipagar Kawat Berduri Oleh warganya sendiri.
Lempar Petugas Patroli Saat Malam Pergantian Tahun, Dua Pemuda di Nagekeo Diamankan
Baru Seminggu Menjabat, Kapolres Tanah Datar Ringkus 6 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba
Sehari Usai Dilantik, Kades Pappalluang Ditahan di Polres Jeneponto, Begini Kasusnya

Follow Us

Recommended Posts

Mendes PDTT: Kestabilan Harga Pangan Percepat Pencapaian Tujuan Pembangunan Sustainable Development Goals (SDGs)
4 Keuntungan Menggunakan Sistem dan Aplikasi ERP untuk Perusahaan
Menkominfo Adopsi Teknologi Dorong Tingkatkan Keterampilan Digital
Ditjen IKP dan Biro Humas Kementerian Kominfo Gelar Bimtek Penulisan Siaran Pers
Ombudsman Kaltim Ikut Berduka Atas Tragedi Maut Di Perempatan Muara Rapak