Pembeli Sepi. Pedagang Harapakan Kades, RT Borong Bendera Dan Umbul-Umbul

Pembeli Sepi. Pedagang Harapakan Kades, RT Borong Bendera Dan Umbul-Umbul
Caption : Perayaan hari kemerdekan 17 Agustus tingal 3 hari. Omzet penjualan bendera merah putih, umbul-umbul dan pernak-pernik Agustusan Sepi Pembeli

PASER - Perayaan hari kemerdekan 17 Agustus tingal 3 hari. Omzet penjualan bendera merah putih, umbul-umbul dan pernak-pernik Agustusan yang biasanya menjadi ladang keberkahan dalam mencari keuntungan (usaha musiman_red). Kini harus membuat  para pedagang umbul-umbul dan bendera, sedikit elus dada karna sepinya jumbelah pembeli yang mampir menawar dagangan mereka.

Hal ini sebagaimana dirasakan oleh beberapa pedagang asesoris bendera yang sempat awak media indonesiasatu.co.id wawancarai di beberapa lokasi sentral penjualan di Kabupaten Paser, pada Sabtu (16/8/2021).

Damar (50 thn), salah satu pedagang bendera dan umbul-umbul di Kabupaten Paser, tepatnya yang membuka lapak di depan Gedung KNPI Jl.RA.Kartini Tanah Grogot. Terang-terangan menyatakan, tahun ini penjualan bendera dan umbul-umbul yang dibawanya jadi sepi, bahkan boleh dibilang pembelian masyarakat terkait pembelian bendera menukik turun derastis. Katanya.

“Meski saat ini masih ada beli, namun itu cuma satu dua dan dalam bentuk pembelian kecil/perorangan. Mungkin karena wabah covid dan sedang PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), kali ya? Makanya  penjualan omzet bendera saat ini juga jadi menurun. Tidak seperti biasanya, tahun kemarin aja yang sebenarnya juga sudah corona, tapi penjualan masih lumayan bagus".imbuhnya. 

Kalo tahun 2020, dampak penurunan penjualan belum kami rasakan dibanding tahun-tahun sebelumnya. sekarang kayanya penurunan daya beli bisa mencapai sekitar 60%--70%, ” dari tahun-tahun sebelumnya. Ungkap Damar menyampaikan.

Hal senada juga disampaikan, Wawan (41thn) salah satu pedagang bendera yang berjualan di Jl. Yos Sudarso kelurahan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Ia merasa pembelian asesoris Agustusan kali ini sangat sepi, sementara perayaan  17 Agustusan  sudah di depan mata. 

"Ya mudah-mudahan, dikesempatan dua atau tiga hari ini, ada pihak RT atau lurah yang mau memborong seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab tinggal 3 hari lagi, kita harus balik ke kampung, jika lewat tanggal 16 sudah dipastikan ngak ada lagi yang beli karna lepas hitungan". Ungkapnya

Lebih lanjut Wawan juga menyatakan. Berdasarkan pengalaman, malam 17 Agustusan itu masa akhir dari asesoris yang harus dipasang konsumen ditempatnya masing-masing setelah pembelian. Jadi otomati batas maksimal jualan juga  harus sebelum tanggal 17 Agustus.

"Makanya Saya dan beberapa kawan yang memiliki usaha sama, biasanya sudah star berjualan di sini (di kabupaten Paser_red) sejak pertengahan Juli". Ungkapnya menjelaskan dengan harapan  ada yang mau memborong  dagangan mereka dalam dua atau tiga hari ini. (*bp)

F.M. Ali Paser

F.M. Ali Paser

Previous Article

Polres Paser Amankan Dua Pelaku Pengedar...

Next Article

Lagi, Polres Paser Amankan Pelaku Narkoba

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 203

Postingan Tahun ini: 203

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 179

Postingan Tahun ini: 179

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 134

Postingan Tahun ini: 134

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 118

Postingan Tahun ini: 118

Registered: Jul 10, 2020

Profle

soniyoner

Empat Rumah Warga Kampung Lubuk Begalung kecamatan Lengayang Dipagar Kawat Berduri Oleh warganya sendiri.
Lempar Petugas Patroli Saat Malam Pergantian Tahun, Dua Pemuda di Nagekeo Diamankan
Baru Seminggu Menjabat, Kapolres Tanah Datar Ringkus 6 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba
Sehari Usai Dilantik, Kades Pappalluang Ditahan di Polres Jeneponto, Begini Kasusnya

Follow Us

Recommended Posts

Mendes PDTT: Kestabilan Harga Pangan Percepat Pencapaian Tujuan Pembangunan Sustainable Development Goals (SDGs)
4 Keuntungan Menggunakan Sistem dan Aplikasi ERP untuk Perusahaan
Menkominfo Adopsi Teknologi Dorong Tingkatkan Keterampilan Digital
Ditjen IKP dan Biro Humas Kementerian Kominfo Gelar Bimtek Penulisan Siaran Pers
Ombudsman Kaltim Ikut Berduka Atas Tragedi Maut Di Perempatan Muara Rapak